Saturday 19 March 2016

5 Langkah Mudah Merawat Vespa Agar Awet

5 Langkah Mudah Merawat Vespa Agar Awet - memang terbilang gampang-gampang susah. Bisa dikatakan gampang jika Anda sudah terbiasa dan tahu betul bagaimana cara merawat motor vespa  dengan baik dan benar. Di sisi lain, merawat Vespa  juga cukup susah lantaran ketersediaan spare part yang memang sudah sangat langka.
Begitu banyak dan peliknya masalah yang sering ditemukan pada sebuah Vespa, telah menjadikan skuter asal Italia tersebut menyandang predikat sebagai motor yang kerap mogok. Karena itulah, merawat Vespa secara rutin sangat diperlukan agar tetap memiliki performa yang baik ketika digunakan.


1. Gunakan bahan bakar beroktan tinggi
Pastikan Anda menggunakan bahan bakar bensin yang masuk dalam kategori oktan tinggi, seperti Pertamax (Pertamina) atau Shell super untuk motor Vespa kesayangan Anda. Pasalnya bahan bakar (bensin) dengan kualitas (oktan) rendah akan menyisakan banyak jelaga pada komponen-komponen pembakaran yang nantinya jika dibiarkan lama bakal menggangu kinerja mesin.

2. Gunakan oli samping berkualitas tinggi
Sama seperti bahan bakarnya, oli samping untuk Vespa  juga dianjurkan untuk menggunakan yang berkualitas (bahan aditif) tinggi. Pasalnya oli samping dengan kualitas (bahan aditif) rendah akan banyak meningggalkan kerak / jelaga jika oli samping. Mengingat di pasaran banyak beredar banyak merk oli samping, kepada para pemilik kendaraan Vespa  diharapkan mampu memiliki pemahaman lebih terkait bagaimana memilih oli yang baik. Jangan lupa banyak juga oli samping palsu yang beredar.


3. Ganti oli mesin 1 bulan sekali
Sejatinya oli mesin Vespa dianjurkan untuk diganti 1 bulan sekali. Terlebih jika Vespa Anda tersebut dijadikan sebagai kendaaran pendukung kegiatan sehari-hari. Namun jika jarang digunakan maka ganti oli mesin minimal 2 bulan sekali juga masih dapat ditolerir.

4. Merawat Accu
Accu merupakan salah satu komponen vital pada sebuah Vespa. Komponen yang satu ini memerlukan perawatan yang rutin sebab setiap kali mesin dihidupkan maka accu akan tersisi arus listrik. Ketika arus listrik masuk ke accu, maka elemen dalam accu akan bereaksi. Reaksi dari accu ini akan menyebabkan suhu air accu memanas lalu menguap, sehingga pada kepala accu khususnya yang positif (+) akan terjadi penggumpalan yang biasanya akan berdampak buruk yakni terbentuknya karat.
Untuk mengatasi hal tersebut, kontrol dan isi terus air accu, paling tidak sebulan sekali. Kepala accu juga harus sering dibersihkan. Caranya, menggunakan kuas yang telah dibasahi dengan air panas. Yang perlu diperhatikan, jika Vespa  kesayangan Anda tersebut bakal ditinggalkan atau tidak digunakan untuk waktu yang cukup lama, misalnya dikarenakan mudik ke luar kota dan sebagainya, maka lebih baik accu-nya dilepas saja.
Cara penyimpanan accu yang baik adalah dengan mengeluarkan air accu-nya, lalu simpan dalam kondisi kering dan terbalik. Ini dimaksudkan agar lubang accu ada di bawah. Ketika accu tersebut hendak digunakan kembali, lakukan pengisian air zuur dan air accu lalu pasang kembali di motor Vespa  kesayangan Anda.

5. Merawat Busi
Inilah komponen yang paling sering bermasalah pada motor Vespa . Gonta-ganti busi bakal jadi makanan Anda sehari-hari jika Anda tidak memperhatikan komponen ini dengan baik maka jangan harap vespa anda akan awet. Cek secara berkala busi vespa anda dan sering sering lah untuk membersikannya bila sudah tidak bisa di bersikan cepat lah ganti karna penulis yakin akan menjadi masalah ketika anda sedang mengendarai vespa kesayangan anda. - 5 Langkah Mudah Merawat Vespa Agar Awet 


0 komentar:

Post a Comment

Yang Baru

Powered by Blogger.