Saturday 23 April 2016

5 Jenis Usaha Ternak Paling Menjanjikan

Diketahui bahwa sektor usaha atau bisnis yang bergerak di bidang tersebut memang dapat diaktakan sebagai salah satu segmen usaha atau bisnis yang prospektif dan menjanjikan, bagaimana tidak, pasalnya hasil atau panen yang dihasilkan dari sektor usaha atau bisnis tersebut sebagian besarnya cenderung menjadi kebutuhan pangan bagi setiap individual atau hewan peliharaan.



Sehingga hasil panen dari sektor usaha atau bisnis yang bergerak di bidang tersebut juga sudah dapat dipastikan selalu banyak dibutuhkan di berbagai daerah, dengan kata lain bahwa pangsa pasarnya sendiri diketahui masih tersedia luas dimana-mana dan selalu terhitung konsumtif, yang pada rata-ratanya juga hingga saat ini masih memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi. Namun memang pemilihan segmen usaha atau bisnis yang bergerak di bidang budidaya hewan ternak tersebut harus dilakukan secara selektif dan berhati-hati, selain rentan terhadap berbagai macam resiko, segmen usaha atau bisnis tersebut juga diketahui memiliki peraturan tersendiri karena pada prosesnya menyangkut cukup banyak hal.

Dan hal tersebut memang berlaku bagi sebagian sektor usaha atau bisnis yang bergerak di bidang budidaya hewan ternak tersebut, seperti salah satunya adalah harus berada jauh dari pemukiman warga karena faktor kotoran yang dikeluarkan oleh hewan ternak tersebut akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Maka dari itulah mengapa ketika akan memulai sektor usaha atau bisnsi budidaya hewan ternak tersebut banyak hal yang harus dipertimbangkan, dan untuk anda yang membutuhkan referensinya, maka inilah 5 jenis peluang usaha ternak 2016 yang menjanjikan yang dapat anda coba di tahun 2016 mendatang.

Ternak Ikan Lele

Salah satu sektor usaha atau bisnis budidaya hewan ternak yang masih akan terus meningkat adalah jenis budidaya ikan lele, pasalnya seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa hampir seluruh kalangan masyarakat akan mengkonsumsi jenis ikan tersebut karena harganya yang cenderung lebih murah. Sektor usaha atau bisnis budidaya ikan lele sendiri dapat dijalankan dengan menggunakan dua macam metode, yaitu menggunakan metode kolam tetap yang dibuat dari beton atau menggunakan metode kolam terpal yang dapat dibuat dimana saja dan dipindahkan kapan saja. Namun tentunya tetap saja lokasi usaha budidaya ikan lele tersebut harus berada jauh dari pemukiman warga atau masyarakat karena kerap menimbulkan bau yang tidak sedap, dan pada saat ini sektor usaha budidaya ikan lele sendiri sudah memiliki banyak komunitas tersendiri yang biasanya akan tergabung dalam sebuah koperasi di berbagai daerah.

Budidaya Ayam Petelur

Satu lagi sektor usaha atau bisnis budidaya hewan ternak yang dikenal mampu menghasilkan keuntungan yang menjanjikan, ya, ayam petelur memamg merupakan salah satu segmen usaha budidaya hewan yang menjanjikan karena hasil dari usaha budidaya tersebut dapat dikatakan sebagai salah satu bahan kebutuhan pangan manusia yang dibutuhkan dalam keseharian. Hanya saja memang sektor usaha atau bisnis budidaya ayam petelur sendiri akan membutuhkan investasi moda awal yang terhitung relatif besar, karena selain kuantiti ayam petelurnya sendiri yang mungkin harus terhitung relati banyak, sektor usaha tersebut juga akan membutuhkan kandang khusus yang besar dan jauh dari pemukiman warga. Namun jika berbicara hasilnya, tentu saja telur ayam sendiri hingga saat ini masih banyak yang membutuhkannya, terlebih akhir-akhir ini diketahui bahwa pasokan telur ayam negeri sendiri pada saat ini masih dirasa kurang memenuhi permintaan pasar yang reltif tinggi dan terus meningkat.

Budidaya Jangkrik

Mungkin sebagian orang masih tidak mengganggap pada sektor usaha budidaya jangkrik tersebut karena faktor ketidaktahuan mereka, yang sebenarnya sektor usaha atau bisnsi budidaya jangkrik sendiri pada saat ini dikenal mampu menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Terlebih di saat seperti sekarang ini dimana cukup banyak hewan ternak seperti burung peliharaan yang akan membutuhkan jenis pakan seperti hewan jangkrik, maka dari itulah mengapa jangkrik sendiri sebenarnya pada saat ini memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi di berbagai daerah karena kebutuhan tersebut.

Dan untuk memulai usaha budidaya jangkrik tersebut anda pun tidak membutuhkan lahan khusus atau jauh dari pemukiman warga, karena usaha budidaya jangkrik ini memang dijalankan hanya dengan menggunakan box atau kotak kayu yang tertutup rapat dengan ukuran tertentu. Sedangkan untuk cara pemasarannya sendiri tentu saja anda tinggal menawarkan pada sebagian besar penjual pakan hewan peliraan seperti burung yang memang membutuhkan jenis pakan tersebut, karena biasanya mereka akan membutuhkan jangkrik-jangkrik tersebut dalam jumlah yang relatif besar atau banyak.

Budidaya Ayam Potong

Selain ayam petelur, diketahui bahwa daging ayamnya sendiri masih memiliki tingkat permintaan pasar yang terhitung relatif tinggi hingga saat ini, karena selain telur ayam, daging ayam sendiri juga akan selalu dibutuhkan untuk di konsumsi oleh sebagian besar manusia. Maka dari itulah mengapa hingga saat ini permintaan pasar terhadap daging ayam tersebut masih tinggi di berbagai daerah, karena walaupun bukan jenis kebutuhan pangan yang dikonsumsi sehari-hari namun tetap saja tingkat permintaan pasarnya sendiri masih terhitung tinggi hingga saat ini. Dan untuk memulai sektor usaha budidaya ayam potong ini tentunya tidak berbeda jauh dengan sektor usaha budidaya ayam petelur tadi, hanya saja perbedaannya sendiri terletak pada jenis kandang yang tidak menggunakan banyak sistem atau metode seperti ayam petelur.

Budidaya Domba Garut

Walaupun memang domba garut sendiri bukanlah merupakan kebutuhan pangan dalam keseharian seperti jenis daging ayam, ikan lele, atau telur ayam, namun tetap sektor usaha budidaya hewan ternak ini dikenal menjanjikan, terlebih disaat momen-momen tertentu seperti contohnya ketika akan menjelang hari raya Idul Adha atau lebaran haji. Ya, karena pada momen tersebut memang akan terdapat banyak orang yang mampu akan membeli berbagai hewan ternak seperti salah satunya adalah domba garut, sehingga sudah dapat dipastikan bahwa setahun sekali sektor usaha ini akan ramai atau mampu menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.


0 komentar:

Post a Comment

Yang Baru

Powered by Blogger.