Trik Mudah Pacu Konsumen Berikan Komentar Online
Ketika
seseorang menjalankan bisnis online, salah satu hal yang perlu diperhatikan
adalah bagaimana agar bisnis yang mereka jalankan tersebut dapat dipercaya oleh
konsumen. Bagi mereka yang sudah menjalankan bisnis online cukup lama, mungkin
akan lebih mudah untuk menarik kepercayaan karena sudah memiliki track record
yang baik. Namun bagaimana dengan bisnis yang baru berkembang?
Salah
satu contoh kasus yakni dalam mendapatkan ulasan dari konsumen. Terkadang
masalah yang dihadapi oleh bisnis online yang baru merintis usahanya bukan
karena munculnya banyak ulasan negatif, melainkan sulitnya untuk menarik minat
konsumen memberikan ulasan terhadap bisnis yang kita tawarkan. Oleh karena itu
kita harus kreatif dan tahu bagaimana cara memancing para konsumen memberikan
ulasan atau testimoni.
Untuk
mewujudkan hal tersebut, berikut ini terdapat beberapa trik mudah yang bisa
Anda terapkan untuk memancing konsumen memberikan ulasan online.
1.
Usahakan Konsumen Mudah Memberikan Ulasan
Dalam
beberapa kasus sebenarnya konsumen ingin memberikan ulasan baik itu yang
bernada negatif ataupun positif terkait sebuah bisnis online baru. Namun
masalahnya adalah mereka kesulitan untuk mencari fasilitas atau fitur pemberi
ulasan. Oleh karena itu, kita harus membuat fitur tersebut mudah untuk diakses
oleh pengunjung.
Salah
satunya dengan menempatkan kotak ulasan berada bersampingan dengan review
produk yang kita tawarkan. Selain itu pemberian ulasan juga bisa dilakukan
dengan mengirimkan email serta lewat komentar media sosial.
2.
Sediakan Alternatif Dalam Memberikan Ulasan
Trik
berikutnya yang bisa kita gunakan untuk memacu minat konsumen memberikan ulasan
online adalah dengan menyediakan alternatif platform di mana mereka bisa
memberikan ulasan. Jangan hanya terpaku untuk mengarahkan ulasan konsumen
terpusat di situs bisnis kita saja. Karena pada dasarnya konsumen juga bisa
menyampaikan ulasan lewat kanal online yang lain seperti akun media sosial,
forum online hingga situs direktori usaha seperti Google Local dan Yahoo Local.
Tawarkan
pada konsumen untuk memberikan ulasan lewat akun di layanan online tersebut
sesuai dengan tingkat kepuasan yang telah kita berikan. Upayakan jangan sampai
konsumen justru merasa tertekan akibat adanya paksaan memberikan ulasan.
3.
Sampaikan Dengan Tepat Dan Efektif
Ketika
kita ingin mendapatkan ulasan yang jujur dari para konsumen, tentu kita tidak
boleh menutup diri dan hanya menunggu. Kita bisa menyampaikan keinginan kita
tersebut secara langsung kepada konsumen namun dengan cara yang tempat dan efektif.
Ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya yakni agar jangan sampai konsumen
justru merasa tertekan karena kita seakan memaksa mereka memberikan ulasan.
Selain
itu kita juga bisa menerapkan strategi khusus seperti pemberian giveaway atau
promo potongan harga untuk ulasan yang telah masuk dari konsumen. Sesuaikan
strategi tersebut dengan skala dan juga anggaran bisnis yang kita miliki.
4.
Tetap Hargai Ulasan Negatif
Ketika
kita meminta ulasan dari produk ataupun layanan yang kita tawarkan secara
online, tentu tidak menutup kemungkinan akan adanya ulasan ataupun komentar
negatif. Ini merupakan hal yang sangat wajar dan bukan merupakan “aib” yang
harus ditutup tutupi.
Bahkan,
justru ulasan negatif seperti inilah yang harus mendapat perhatian lebih besar
dari kita selaku pemilik usaha. Karena nantinya jika kita bisa menyelesaikan
permasalahan yang dialami oleh konsumen pemberi ulasan negatif, maka kredit
poin bisa kita dapatkan karena menunjukkan sikap profesionalisme tinggi. Bagi
calon konsumen lainpun, keberhasilan menanggapi sebuah komentar negatif juga
bisa menjadi pertimbangan bagi mereka untuk tertarik dengan bisnis kita.
5.
Sesuaikan Dengan Target Konsumen
Ketika
menginginkan bisnis online yang kita jalankan bisa diapresiasi oleh konsumen,
kita juga wajib melihat lebih dahulu bagaimanakah demografi target konsumen
kita. Maksudnya adalah, jika kita mempunyai target konsumen yang tergolong
generasi muda, tentu tidak akan terlalu sulit untuk meminta mereka memberikan
ulasan karena mereka memang sudah akrab dengan beragam fasilitas teknologi.
Namun
berbeda jika target konsumen yang kita sasar adalah golongan dewasa hingga
orang tua. Tentu akan lebih sulit bagi kita untuk mengedukasi mereka akan
pentingnya memberikan sebuah ulasan. Oleh karena itu jika memang bisnis kita
menyasar target usia dewasa dan tua, meminta konsumen untuk memberikan ulasan
bukan menjadi pilihan yang terbaik. Akan lebih bijak kita mencari strategi marketing
lain yang sesuai dengan target pasar tersebut.
0 komentar:
Post a Comment