4 Langka Mempertahankan kosnsumen di Toko Online Anda
Sebagaimana bisnis-bisnis
offline yang lain, banyaknya usaha sejenis yang muncul memang akan membuat
persaingan dan potensi berpindahnya pelanggan ke toko lain semakin membesar.
Namun Anda harus paham bahwa berpindahnya pelanggan ke toko online lain ini
bukan tanpa sebab. Bisa jadi pelanggan yang melirik dan berpindah ke toko
online lain ini merasa kecewa dengan Anda.
Maka dari itu untuk mencegah
para pelanggan Anda berpindah ke toko online lain, Anda harus berusaha keras
untuk mencegah pelanggan melirik toko online lain. Bagaimana caranya? Berikut
beberapa jurus jitu yang bisa Anda jalankan.
1.
Jangan Sekadar Jualan
Cara atau jurus jitu pertama
untuk bisa mencegah pelanggan melirik atau berpindah ke toko online lain adalah
dengan menerapkan bisnis yang bukan hanya sekedar jualan. Bagaimana maksudnya?
Bukankah toko online akan selalu bertajuk utama penjualan. Lalu selain
berjualan memang apa lagi yang bisa dilakukan?
Tentu saja ada, dengan
menghadirkan blog dalam toko online Anda maka Anda bisa melakukan kegiatan
blogging untuk membagi wawasan, info dan pengetahuan yang bermanfaat bagi
pengunjung dan netizen. Nah dari menampilkan blog berarti Anda akan mampu
membuat bisnis Anda lebih kuat dan bernilai.
Lalu mengapa harus blog?
Dengan blog maka situs web Anda akan lebih cepat untuk terlihat di mesin
pencari. Bahkan berdasarkan riset dari Hubspot, sebuah perusahaan penyedia
layanan marketing di Amerika Serikat, toko online atau #ecommerce yang
dilengkapi dengan blog akan mampu mendapatkan pengunjung 55 persen lebih banyak
dari pada toko online tanpa blog. Maka dari itu cobalah merancang blog sebaik
mungkin untuk tujuan pelanggan mencari informasi sehari-hari.
2.
Tidak Ribet
Setiap manusia pastinya
tidak ingin mendapati keribetan dalam hidupnya. Pun dalam mengunjungi sebuah
toko online saat akan berbelanja, tentu saja mereka lebih menyukai online shop
yang simpel dan tidak ribet. Lalu seperti apakah kategori situs toko online
yang simple dan tidak ribet itu? Salah satu indikator yang bisa Anda terapkan
adalah responsif (sesuai dan praktis).
Lalu bagaimana cara membuat
situs toko online yang responsif? Anda bisa menggunakan warna yang sederhana
dan tidak berlebihan. Tampilan situs pun harus harus Anda buat sesimpel mungkin
dan menarik serta menekankan kemudahan navigasi dan membaca untuk pengguna.
Terakhir, cobalah dan usahakan semaksimal mungkin konsep responsif situs online
shop Anda ini pada penerapan semua platform utama, yaitu desktop dan mobile.
3.
Jangan “Lemot”
Jangan biarkan pengunjung
yang mengakses situs toko online Anda harus menunggu lama untuk bisa melihat
keseluruhan situs. Lamanya waktu yang digunakan untuk mengakses situs ini
memang akan sangat berdampak buruk bagi pengunjung atau pelanggan. Pasalnya,
menunggu dalam waktu yang lama memang akan membuat siapapun jadi jengkel dan
kesal. Dari rasa kesal dan jengkel ini akan membuat pelanggan berpeluang
melirik dan berpindah ke toko online lain.
Lalu bagaimana caranya untuk
membuat situs toko online bisa diakses cepat? Anda bisa mencoba tes kecepatan
waktu akses website memakai layanan seperti YSlow dan Page Speed. Cara lain
Anda juga bisa memaksimalkan dengan dukungan server yang memberikan kemudahan
untuk penyimpanan data dalam kapasitas besar.
4.
Bangun kepercayaan
Karena belanja secara online
tidak membuat pembeli leluasa untuk melihat dan mencoba produk secara langsung,
maka tak jarang hal ini akan membuat kecemasan pada calon pembeli. Maka dari
itu untuk membuat pengunjung atau konsumen ini tidak cemas pada toko online
Anda maka sudah seharusnya Anda mampu membangun kepercayaan.
Anda bisa melakukan hal ini
dengan membangun keterikatan dan interaksi yang baik dengan konsumen melalui
kolom komentar ulasan produk atau melalui media sosial. Dari sini, maka
hadirlah sebuah testimoni yang kuat dan akan mendukung toko online Anda. Jangan
lupa juga untuk memberikan deskripsi yang lengkap dan jelas pada setiap barang
yang Anda jual di toko online Anda agar mampu membuat konsumen atau pelanggan
makin percaya dan tidak lagi melirik toko online lainnya.
0 komentar:
Post a Comment