Strategi Usaha Waralaba Untuk Pebisnis Pemula
Strategi Usaha
Waralaba Untuk Pebisnis Pemula
- Bisnis waralaba adalah bisnis yang sedang berkembang pada saat ini, banyak
bisnis yang sudah terkenal sekarang membuat sistem waralaba atau franchise,
seperti usaha makanan cepat saji KFC atau Mc Donald, mereka adalah contoh
perusahaan besar yang mamakai system waralaba, dan terbukti sukses, adapun
bisnis kecil menengah yang menggunakan system waralaba adalah kebanyakan uasah
di bidang kulinar atau makanan, seperti usaha ayam goreng Sabana yang sudah
memiliki mitra bisnis waralaba sampai ribuan di sekitar jabotabek saja, dengan
system waralaba ini maka usaha yang sedang berkembang akan semakin berkembang,
dengan banyaknya orang membeli system waralaba ini maka dengan sendirinya
potensi untuk semakin terkenal akan semakin besar. Bagi anda yana baru akan mulai
menekuni bisnis waralaba ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum
memilih usaha mana yang akan menjadi mitra waralaba anda.
Usahakan
mencari informasi sebanyak banyaknya tentang waralaba yang akan anda pilih,
anda bisa memilih bisnis waralaba yang sesuai dengan minat anda, misalnya minat
anda di seputaran makanan, maka usahakan memilih waralaba makanan, kenali juga
sejarah dari waralaba yang akan anda pilih, apakah gerainya sudah banyak dan
tersebar di berbagai daerah, usahakan cari waralaba yang usianya sudah lebih
dari 4 tahun, dengan begitu anda sudah tahu bahwa waralaba tersebut sudah
teruji waktu. Dan anda bisa menanyakan biaya dari joint sebagai mitra bisnis
mereka , jika terjangkau oleh budget anda maka anda bisa meneruskan ke langkah
selanjutnya.
Hal
selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam cara bisnis tahun 2016 adalah
bagaimana cara anda mengatur manajemennya, meskipun dari pihak pemilik waralaba
sudah ada standar operatingnya anda juga harus memperhatikan hal lain seperti
sdm nya, jika anda yang akan menjaga gerai tersebut sendiri maka tidak ada
masalah dengan SDM nya, anda tinggal pintar pintarnya mengatur menajemen
penjualan dan manejemen keuangannya, tetapi jika anda mencari orang lain untuk
mengelola gerai anda , anda harus menanamkan sikap jujur kepada karyawan anda
tersebut, dan sikap sabar dalam melayani para pembeli adalah service terbaik
dari karyawan anda kepada para pelanggan.
Dari
segi penjualan, yang perlu di perhatikan adalah pemilihan lokasi atau tempat
anda berjualan, usahakan memilih lokasi penjualan di tempat keramaian, misalnya
di depan pusat perbelanjaan, halaman Indomaret atau Alfamart, dengan pemiliha
lokasi yang tepat maka potensi penjualannya juga akan semakin besar, dari segi
promosi pada awal awal pembukaan anda bisa menyebarkan brosur tentang jualan
anda kepada setiap orang yang lewat, dan anda bisa memberikan promosi diawal
pembukaan dengan potongan harga pada jam jam tertentu selama seminggu sampai
sebulan, untuk menarik banyak pengunjung, setelah lewat masa promosi lakukan
promosi inovatif lainnya, seperti beli 2 gratis 1 dan promosi inovatif lainnya,
dengan begitu penjualan anda akan selalu stabil dan cenderung meningkat.
Setelah
di satu tempat anda bisa sukses mengelola sebuah waralaba maka anda bisa
menduplikasikannya untuk gerai kedua, gerai ketiga dan gerai gerai selanjutnya.
Didalam pengembangan waralaba yang lain anda bisa membuka gerai dengan waralaba
yang sama atau anda bisa mencari peluang dari waralaba yang lain, tetapi dengan
system manajemen yang sama dengan waralaba yang sebelumnya anda jalankan dan
sukses, dengan menerapkan duplikasi yang sama maka anda akan menjadi seorang
pengusaha yang sukses dengan bisnis waralaba.
0 komentar:
Post a Comment